Kamis, Agustus 23, 2007

Uji Sertifikasi Guru Segera Dimulai

Uji sertifikasi guru akan segera dimulai akhir 2006. Tahap pertama akan ada 20.000 guru yang diuji. Mereka akan segera mendapatkan kenaikan gaji sebanyak satu kali lipat gaji pokok. Ditargetkan pada Januari 2007 para guru telah menerima tunjangan profesi.

Demikian dikatakan Fasli Jalal, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan usai acara peringatan Hari Guru Sedunia di Gedung Indonesia Menggugat, Kota Bandung, Kamis (5/10).

Menurut Fasli, ada kurang dari 100.000 orang guru yang tengah menjalankan pendidikan S1 dengan upaya sendiri. Pada tahun 2007 ada sekitar 300.000 guru yang melanjutkan S1.
“Dengan banyaknya guru yang mengupayakan sendiri peningkatan kualitas akademiknya, tidak sampai 10 tahun, seluruh guru di Indonesia sudah memenuhi syarat kualifkasi akademik,” kata Fasli.

Mereka yang telah mengikuti uji sertifikasi akan mendapatkan kenaikan gaji pokok 100 persen dari gaji pokok yang diterimanya sebelum uji sertifikasi. Untuk uji sertifikasi hanya dibutuhkan waktu tiga hari untuk setiap guru.

Sambil menunggu Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Guru dan Dosen, Departemen Pendidikan Nasional akan segera menunjuk Lemmbaga Pendidikan Tendaga Kependidikan yang bisa memberikan pendidikan profesi. Bagi mereka yang sudah sarjana namum mengambil bidang nonpendidikan bisa meneruskan satu tahun dan khusu guru SD hanya enam bulan. (www.kompas.co.id/5 Oktober 2006/YNT)

Tidak ada komentar: